Bagi Anda yang menyukai permainan RTS (Real Time Strategi), tentunya tidak asing dengan peradaban Rise of Kingdom yang menjadi salah satu pilihan terbaik untuk gamers saat ini. Permainan yang dapat diunduh secara gratis di Playstore dan App Store ini di rilis akhir September 2018 dan dalam waktu singkat menduduki rank teratas dalam permainan strategi populer.

Sebelum mendownload game peradaban Rise of Kingdom yang satu ini, Anda harus menyediakan free space di smartphone karena game ini memerlukan memori yang cukup besar. Anda juga sebaiknya memainkannya di handphone dengan ram 1 GB ke atas untuk mencegah lag saat bermain. Bagi sebagian orang memasang aplikasi VPN sebagai tambahan juga diperlukan agar koneksi tidak terganggu.

Saat pertama kali memainkan RoK, Anda diharuskan memilih salah satu dari peradaban yang tersedia. Masing-masing peradaban memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Peradaban ini dapat diganti sesuai keinginan Anda, tapi untuk melakukan pergantian peradaban diperlukan item khusus yang hanya bisa dibeli dengan gem atau didapat dari reward setelah berhasil menyelesaikan quest tertentu.

Ketahui Kelebihan Masing-masing Peradaban yang Ada

Sebelum memilih peradaban Rise of Kingdom, ada baiknya membaca terlebih dahulu keterangan yang terlampir di setiap peradaban. Ketahui dan pahami apa kelebihan dan kekurangan masing-masing peradaban. Ada 11 peradaban yang bisa dipilih; Roma, Jerman, Inggris, Prancis, Spanyol, China, Jepang, Korea, Arab, Ottoman, dan Bizantium. Setiap peradaban memiliki unit spesial masing-masing.

Peradaban yang paling bagus untuk pemain pemula adalah Roma karena, di peradaban ini ada buff kecepatan mengumpulkan sumber daya makanan 10%. Sumber daya merupakan salah satu bahan yang diperlukan dalam meningkatkan level kota maupun untuk melatih pasukan dan melakukan riset. Jepang juga bisa dijadikan pilihan karena memiliki buff 5% dalam pengumpulan sumber daya.

3 Hal yang Harus Diperhatikan dalam Memilih Peradaban

Dalam memilih peradaban Rise of Kingdom tidak bisa dilakukan sembarangan. Anda harus menentukan mana yang tepat, karena ini akan mempengaruhi permainan di masa mendatang. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan yang seringkali luput dari pengamatan para pemain baru. Berikut tiga alasan utama yang patut dipertimbangkan dalam memilih peradaban adalah:

1. Starter komandan

Setiap kali memilih peradaban seorang komandan juga akan diberikan kepada Anda. Komandan epic yang sesuai dengan peradaban tersebut. Misalnya, Anda memilih peradaban Jerman maka komandan yang didapat adalah Hermann, seorang komandan unit archer.

2. Buff peradaban

Soal buff sudah disinggung di atas. Kebanyakan orang akan memilih buff yang meningkatkan attack pasukan, tapi di permulaan ada baiknya lebih mengutamakan buff pengumpulan sumber daya alam. Karena kebutuhan akan sumber daya alam sangat banyak agar cepat menaikkan kekuatan Anda.

3. Unit unik peradaban

Setiap peradaban memiliki unit khusus tersendiri, ada yang infantri, kavalri, juga archer. Unit siege tidak menjadi unit khusus peradaban mana pun, karena unit ini lebih banyak dipakai untuk mengumpulkan sumber daya alam. Kebanyakan pemain lebih suka memiliki unit khusus kavalri, karena unggul dalam serangan cepat.

Kesimpulannya, memilih peradaban merupakan poin penting agar nantinya Anda dapat berkembang. Jika sudah memiliki power besar, Anda bisa mengganti peradaban sesuai dengan keinginan. Hal yang harus diingat adalah naikkan level komandan yang sesuai dengan unit khusu peradaban Rise of Kingdom yang dipilih agar kekuatannya maksimal.