Bagi pecinta game, diantara pengetahuan yang harus dimiliki adalah merawat HP gaming agar tidak mudah rusak. Bermain Games saat ini menjadi aktifitas wajib dilakukan banyak orang. Tidak hanya anak kecil, remaja, bahkan orang dewasa. Bermain games banyak dilakukan mengisi waktu luang bersama teman-teman. Para pengembang permainan mennyajikan banyak varian menarik yang layak untuk dicoba.

Di pihak lain pengembang Android, juga berlomba-lomba menghadirkan HP baru yang membuat permainan games semakin nyaman. Tentu ini disambut antusias oleh para Gamer. Banyak Gamer rela menyisihkan pendapatanya untuk mendapatkan HP Gaming yang diinginkan. Dengan harga dan spesifikasi yang beragam para gamer bisa memilih sesuai kebutuhan dan budget di kantongnya.

Namun HP Gaming adalah barang elektronik. Jika dalam penggunaan dan perawatanya tidak tepat, akan mengurangi kinerjanya. Sehingga kitapun tidak bisa lagi bermain dengan nyaman. Karena itulah diperlukan pengetahuan cara merawat HP gaming agar tidak mudah rusak. Bermain kita tidak ada kendala, dan uang hasil kerja dapat digunakan untuk kebutuhan lainya.

Merawat Bateri HP dan Mesin Gaming Agar Tidak Mudah Rusak

Hindari bermain Games di ruangan dengan suhu tinggi. Semakin lama digunakan untuk bermain, suhu Android semakin meningkat. Apalagi sekarang ini, Games semakin bagus yang membutuhkan RAM besar untuk memainkanya. Sehingga HP akan mudah naik suhunya. Jika terlalu panas akan merusak mesin HP, atau minimal HP Anda “hang”.

Selain bermain di ruangan suhu rendah, tetapkan jangka waktu bermain. Karena itu kenali HP Anda berapa lama suhu masih dalam tahap aman. Jika sudah diketahui, berhenti dan istirahatkan HP ketika sudah waktunya. Jika sekiranya suhunya sudah normal, bisa melanjutkan permainan. Agar HP tidak cepat panas, kurangi penggunaan RAM yang tidak diperlukan seperti Background.

Cara merawat HP gaming agar tidak mudah rusak selanjutnya, hindari bermain games ketika mengisi bateri Android. Ini sangat membebani dan mengakibatkan baterai suhunya cepat naik. Selain itu ketika mengisi baterai hindari menggunakan Charger bukan asli. Pengembang HP membuat Charger disesuaikan dengan HP Android-nya. Jika menggunakan yang tidak original, akan mengurangi kinerja HP dan baterainya.

Jika HP Anda “ngedrop” isi dahulu baterainya sampai penuh. Hindari menyalakan HP ketika tahap awal pengisian. Menyalakan HP ketika baterai masih sedikit, akan mengganggu proses booting Android. Lebih baik bersabar dan nyalakan ketika baterai sudah terisi 50 persen. Jangan gunakan dan lepas Charger sampai baterai penuh, dan siap untuk digunakan bermain lagi.

Cara Meringankan Beban RAM

Jangan membebani RAM dan memori internal terlalu berat. Karena itu, atur instal aplikasi Anda di memori eksternal. Selain itu lebih baik hape, aplikasi-aplikasi yang tidak terlalu berguna. Untuk mengurangi kerja RAM, bisa dilakukan dengan menghapus Chache secara berkala. Baik secara manual maupun dengan me-restart HP. Restart HP bisa dilakukan sekali dalam satu atau dua hari.

Jika Androidmu membutuhkan pembaharuan software, jangan tunda-tunda melakukanya. Karena membutuhkan data yang banyak, bisa Anda lakukan dengan menggunakan WIFI. Pembaruan Softwere akan meningkatkan performa HP. Selain itu menghindari masalah-masalah dari software lama yang belum diperbarui, dan mengandung banyak “bug”.

Itulah kawan, usaha yang bisa Anda lakukan agar HP Anda tetap optimal. Ketika HP bekerja optimal, pastinya permainan semakin seru. Menyelesaikan misi-misi sulit tidak akan terganggu. Selain itu Anda juga tidak sering-sering membeli HP yang akan membebani keuangan Anda tentunya. Karena itu jangan ragu untuk melaksanakan tips merawat HP gaming agar tidak mudah rusak dari kami.